Cara belajar ilmu desain rumah

     
Cara belajar ilmu desain rumah

Bisa mendesain rumah dengan indah merupakan kebanggaan tersendiri terlebih jika kita dapat berhasil membangunnya dalam bentuk nyata. Mungkin kedengarannya agak berlebihan, tetapi menurut saya itu semua ada benarnya. Mengapa demikian? Karena disitu kita telah dengan susah payah dan banyak berfikir untuk menuangkan ide segar yang terpendam ke dalam bentuk nyata, ada effort tersendiri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Namun tidak semua orang mengerti untuk mendesain rumah yang baik dan benar, untuk itu biasannya mereka membutuhkan seorang arsitek untuk menyelesaikan masalah mendesain rumah. Nah, disini kita akan bahas rahasia bagaimana cara belajar ilmu desain rumah. Berbagai macam pendidikan dapat ditempuh baik secara formal maupun non formal atau secara otodidak dari berbagai sumber baik dari media cetak seperti buku maupun dari media elektronik atau internet yang sekarang banyak sekali tersedia seperti Youtube ataupun dalam bentuk artikel seperti ini.

Belajar ilmu desain rumah secara formal

  • Di dalam pendidikan SMK/STM kita bisa mengambil jurusan teknik gambar bangunan maupun eknik konsuksi banunan (Teknik sipil)
  • Dibangku kuliah kita bisa mengambil jurusan arsitektur, teknik sipil dan perencanaan
  • Mengikuti pelatihan khusus software desain rumah dari sekolah
Belajar ilmu desain rumah secara mandiri
  • Membaca buku tentatng tutorial software desain rumah seperti Autocad, 3Ds max, Sketchup dll.
  • Bekerja di bidang bangunan, pengalaman merupakan guru yang paling baik, tukang bangunan jika ada kemauan dan ketekunan serta menguasai ilmu bangunan dapat bejalan mandiri dengan membuka jasa borongan pembangunan rumah atau bahkan menjadi kontraktor
  • Melalui internet, seperti membaca tutorial di blog maupun melihat tutorial dengan vidio seperti youtube
Macam-macam ilmu desain rumah

Untuk menguasai ilmu dalam mendesain rumah tidak cukup hanya mahir menggambar saja, tetapi ada ilmu-ilmu lain yang tak kalah penting, sehingga kita dapat menguasai ilmu mendesain rumah ini secara kompleks, berikut adalah ilmu yang sebaiknnya harus dipelajari juga
  1. Perhitungan rencana anggaran biaya bangunan (RAB)
  2. Perhitungan struktur bangunan (Beton, baja, kayu)
  3. Ilmu ukur tanah
  4. Keterampilan software desain rumah
  5. Marketing (perlu dipelajari untuk memasarkan produk properti kita)
Yang penting untuk mewujudkan itu semua adalah kamauan dan ketekunan dari diri kita sendiri. Tidak ada yang sulit ketika kita mau berusaha dan tetap mencoba. Kegagalan adalah hal yang biasa, dari situ kita dapat pelajaran berharga, seperti halnya Albert Enstein yang gagal sebanyak 999 kali dalam percobaan bohlam lampu, dari situ beliau menjadi tahu cara yang salah membuat bohlam lampu sebanyak 999 kali. Sama juga seperti balita yang sedang belajar berjalan, sering mengalami jatuh, namun karena usaha dan kemauan yang keras untuk bangkit kembali sampai pada akhirnya dapat mahir berjalan dengan lancar. Selamat berusaha!

Terima kasih telah membaca artikel kali ini tentang cara belajar ilmu desain rumah, semoga bermanfaat :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara belajar ilmu desain rumah"

Post a Comment