Kelebihan dan kekurangan rumah 1 lantai dan rumah 2 lantai atau lebih

 Rumah 2 lantai

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan rumah 1 lantai dan rumah 2 lantai atau lebih. Ini dapat dijadikan pertimbanan oleh anda apabila ingin membeli atau membangun rumah sesuai dengan kebutuhan anda. 
     
Pada saat orang ingin membeli atau membangun rumah pasti mempunyai pilihan untuk membeli atau membangun rumah 1 lantai atau 2 lantai, namun karena keterbatasan budget, rumah dengan 1 lantai adalah pilihan terbaik. Namun adakalannya rumah dengan 1 lantai pun dimiliki oleh orang yang berdana cukup dengan catatan bahwa lahannya sangat luas, sehingga rumah dengan 1 lantai tersebut sudah mencakup semua kebutuhan ruang-ruang yang ada. Kelebihan rumah dengan 1 lantai yaitu tidak adannya tangga yang diperlukan untuk mengakses ruang-ruang yang ada dilantai 2 atau 3 dan seterusnya. Rumah 1 lantai juga memudahkan anda untuk pengawasan jika memiliki buah hati yang masih balita, serta memudahkan akses ke luar rumah. Rumah 1 lantai memudahkan penghuni senior atau yang lansia untuk melakukan aktivitas dibanyak bagian rumah. Namun rumah dengan 1 lantai membutuhkan luas lahan yang lebih untuk memenuhi semua kebutuhan ruang dibandingkan dengan rumah 2 lantai atau lebih.

Apabila lahan terbatas, biasannya pemilik akan memikirkan untuk membuat lantai tambahan diatasnnya. Merupakan pilihan terbaik untuk menambahkan lantai rumah ke atas, disamping solusi agar tidak membeli lahan lagi yang semakin mahal dan terbatas, juga dengan menaikan rumah menjadi bertingkat biasannya terlihat menjadi lebih megah dari segi visual. Dalam perkembangannya ternyata rumah 2 lantai atau lebih juga memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi dalam hal desainnya.

Rumah berlantai 2 atau lebih memberikan banyak kelebihan diantarannya, dengan lahan yang ada kita dapat membangun lebih bannyak ruang-ruang, namun kekuranngannya yaitu biaya pembangunan yang lebih mahal dikarenakan memerlukan pondasi yang khusus jika dibandingkan dengan rumah 1 lantai yang biasannya hanya menggunakan pondasi biasa saja.

Dewasa ini penataan rumah 2 lantai atau lebih yang modern cukup menarik untuk mengadopsi penataan ruang-ruang yang lebih memisahkan antar zoningnya, demikian juga bisa memasukan pemandangan yang lebih bagus dibagian atas bangunan. Trend yang berkembang pada saat ini untuk rumah di lahan terbatas yang dibangun dengan 2 lantai atau lebih biasanya lantai bawah sendiri dipakai sebagai dapur kotor, kamar tidur asisten rumah tangga, ruang cuci dan jemur, ruang makan, dan ruang menerima tamu. Sedangkan untuk lantai atas digunakan untuk kamar-kamar dan ruang keluarga atau area hiburan untuk keluarga seperti menonton televisi yang diperuntukan untuk penghuni rumah.

Kelemahan dari rumah 2 lantai atau lebih adalah untuk mencapai lantai dua pastinya kita harus menaiki tangga, dan itu tidak mudah atau mungkin akan menyulitkan penghuni rumah yang senior atau lansia. Maka dari itu tetap diperlukan kamar tidur di lantai bawah untuk memfasilitasi kebutuhan untuk para senior yang menghuni rumah tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel kali ini tentang kelebihan dan kekurangan rumah 1 lantai dan rumah 2 lantai atau lebih, semoga bermanfaat :)


     

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelebihan dan kekurangan rumah 1 lantai dan rumah 2 lantai atau lebih"

Post a Comment